DPRD BERHARAP KINERJA BLHK BALANGAN DITINGKATKAN

DPRD BERHARAP KINERJA BLHK BALANGAN DITINGKATKAN

Paringin - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, berharap kinerja Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) setempat lebih ditingkatkan lagi.

Ketua DPRD Balangan, H Abdul Hadi di Paringin, Rabu (14/2) menyampaikan, kinerja BLHK Balangan sudah bagus, namun perlu ditingkatkan lagi.

"Kinerja BLHK Balangan sudah bagus, dan perlu ditingkatkan lagi, lebih fokus lagi, sehingga kasus pencemaran yang sering diadukan dan dirasakan masyarakat berbanding lurus dengan hasil penelitian BLHK. Ini penting sekali," sampainya kepada Kantor Berita Indonesia (KBI) Antara.

Hal tersebut dikarenakan kasus limbah dan pencemaran, terutama di aliran sungai di wilayah Kabupaten Balangan, yang merupakan kebutuhan orang banyak, kerap diadukan masyarakat ke DPRD setempat.

Dikatakan, jika hasil penelitian BLHK didapati pencemaran dan limbah, maka hal tersebut bisa langsung ditanggapi serta disampaikan ke pihak-pihak yang dianggap bertanggung jawab, agar segera ditemukan solusinya serta langsung ditindak lanjuti.

"Jangan sampai warga masyarakat terlanjur ribut, terutama akibat air sungai yang masih digunakan warga untuk MCK tercemar oleh limbah. Karena hal tersebut sangat sensitif, selain kebutuhan air sungai bagi warga terganggu, hal tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh oknum untuk memprovokatori serta mengambil keuntungan pribadi dan kelompoknya," ungkapnya.

Ia menambahkan, agar pihak perusahaan juga cepat tanggap dalam menyikapi permasalahan yang menimbulkan dampak sosial dan dampak lingkungan.

"Sepanjang komunikasi antara masyarakat dan perusahaan terjalin dengan baik, dengan dimediasi beberapa pihak, tentu semua permasalahan dapat dicari solusinya bersama-sama," pungkasnya. (Tim DPRD Balangan - Roly/Antara).