Ketua DPRD Balangan Selalu Dukung Olahraga Tradisional.

Ketua DPRD Balangan Selalu Dukung Olahraga Tradisional.

PARINGIN – Sekumpulan orang pecinta olahraga tradisional yang tergabung dalam Bubuhan Balogo Balangan, kemarin Minggu (31/3/2019) melaksanakan lomba balogo untuk semua usia se Kabupaten Balangan.

Pada kesempatan ini, berhadir Ketua DPRD Kabupaten Balangan H Abdul Hadi, yang juga secara langsung menyerahkan hadiah kepada para pemenang. 

Abdul Hadi mengatakan, ia akan selalu mendukung dari berbagai aspek agar permainan tradisional terus disosialisasikan ke berbagai kalangan.

“Even ini harus secara rutin dilaksanakan, jangan cuma sekali saja dalam setahun. Kami akan terus mendukung,” imbuhnya.

Tim yang juara dalam lomba ini sendiri yaitu, Pahajatan, Garuda Maharam, Kidal, Marthasura, Sarampak dan Pilanduk.

Ketua Pelaksana kegiatan, Yudi mengungkapkan, lomba balogo ini cukup disambut antusias oleh masyarakat, dilihat dari jumlah peserta yang mengikuti yaitu sebanyak 27 tim terdiri dari dewasa, anak-anak, bapak-bapak, dan ibu-ibu. 

“Peserta berasal dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Balangan. Artinya, masih banyak yang berminat memainkan permainan tradisional balogo. Antusiasme ini tentu membuat kami semakin semangat dalam melestarikan balogo,” ucapnya. 

Diungkapkannya, ini merupakan even kedua yang pihaknya laksanakan, setelah yang pertama di tahun 2018 lalu tingkat Provinsi Kalsel. 

“Selain dari segi permainan balugu ini juga memiliki keunikan dari tradisional, nama tim yang ikut juga menggunakan kosakata bahasa Banjar. Jadi sangat kental akan budaya Banjarnya,” ujarnya.(*)