Komisi III DPRD sidak jembatan rusak di Awayan

Komisi III DPRD sidak jembatan rusak di Awayan

PARINGIN - dua insfraktruktur berupa jembatan di desa Sikotan kecamatan Awayan, kabupaten Balangan, dalam kondisi rusak parah. dua jembatan tersebut berada di RT 3 serta di perbatasan Desa Sikotan dan Tundi.

Berdasarkan pengamatan,Kerusakan jembatan terparah di lingkungan RT 3. Lantai jembatan berbahan kayu itu sudah bolong-bolong.kayunya patah,aspalnya terkelupas ,sehingga sangat rawan dilalui terutama kendraan roda empat.kondisi serupa berlaku di jembatan satunya.satu sisi nya sudah bolong.

satu warga setempat,Fudin mengatakan ,kerusakan kedua jembatan itu berlangsung sejak dua tahun terakhir. selama itu pula belum tersentuh berbaikan. akibatnya dia bersama warga berinisiatif mempertahankan jembatan tersebut dengan cara memperbaikinya secara gotong royong.

''saya dan kepala desa bersama warga berinisiatif menambal jembatan tersebut. dananya ya pakai dana pribadi,'' ungkap Fudin yang juga Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Sikontan.

Menurut dia, dampak rusaknya kedua jembatan itu di rasakan oleh masyarakat yang melintas kendraan roda dua maupun roda empat. dia menyebut, satu sepeda motor pernah terperosok,kemudian tiga truk juga pernah terperangkap, kejadiannya menjelang senja.

''sudah nyata dampaknya,jadi sangat mendesak segera diperbaiki. siang saja rawan apalagi malam hari,'' ujar Fudin.

dia mengharapkan,selain itu segera di perbaiki ,konstruksi si jembatan juga nantinya harus dibuat kokoh agar bertahan lama ,sehingga tidak cepat rusak lagi.

perihal rusaknya dua jembatan di Desa Sikontan Kecematan Awayan itu,rupanya sudah diketahui oleh Komisi III DPRD  Balangan.

Senin(2/10), Ketua Komisi III Dadang Idi Fajeri, ditemani anggota H Eduardy Tarmidji dan Hj Erly Satriana serta sejumlah staf Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Balangan, melakukan pantauan di lokasi.

Dadang mengaku menerima informasi tersebut dari masyarakat dan juga media sosial, setelah di pantau di lapangan ternyata benar adanya. ''rusaknya cukup parah,dan segera harus diperbaiki,'' kata dia.